Jumat, 19 Juli 2019

3 AGAMA SAMAWI


        Assalamu’alaikum Wr.Wb

         Kalian mungkin sudah tahu 3 agama besar di dunia  yang sering disebut dengan ‘Agama Samawi’. Kata Samawi berasal dari Bahasa Arab, yang artinya adalah ‘langit’. Dinamakan Agama Samawi karena ketiga agama ini berasal dari Tuhan (turun dari langit).  3 agama samawi itu adalah : Yahudi, Kristen, dan Islam. 3 agama ini berakar dari ajaran Abraham/ Ibrahim, yang sering disebut sebagai ‘bapak para nabi’. Maka dari itu, ketiga agama samawi tersebut sering disebut sebagai  ‘Agama Abrahamik’. Agama Yahudi dibawa oleh Musa, Kristen dibawa oleh Isa/Yesus, dan Islam dibawa oleh Muhammad.


             Orang Yahudi menganggap Musa adalah nabi besar mereka yang menyelamatkan mereka dari kekejaman Fir’aun, serta menganggap Isa dan Muhammad adalah Nabi Palsu. Kristen menganggap Musa adalah salah satu dari nabi mereka, menganggap Isa/Yesus adalah tuhan mereka, yang mereka anggap sebagai Putra Allah, serta  menganggap Muhammad adalah Nabi Palsu. Sementara Islam menganggap Musa dan Isa adalah Nabi mereka diantara 25 Nabi dalam Islam yang wajib diketahui, dan meyakini bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

             3 agama ini banyak memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya antara lain adalah, ajarannya berakar dari ajaran Abraham/Ibrahim. Mereka sering sekali beradu argumen, karena perbedaan juga ada diantara mereka. Yahudi dan Islam sangat menjunjung tinggi ajaran tauhid. Mereka hanya menyembah satu tuhan, yaitu Allah (orang-orang Yahudi sering menyebutnya Yahweh). Sementara Kristen sangat menjunjung tinggi ajaran trinitas, yaitu Allah (bapa), Yesus (putra/anak), dan Roh kudus, yang merupakan 1 kepribadian yang terbagi menjadi 3. Kitab mereka juga berbeda, Kitab agama Yahudi adalah Taurat/Torah, kitab agama Kristen adalah Alkitab/Injil, dan kitab agama Islam adalah Al-Qur’an. 

                Hari-hari besar mereka antara lain ;
 Yahudi      : - Yom Kipoor
                    : - Paskah
                    : - Dan Sebagainya

  Kristen      : - Natal
                    : - Paskah
                    : - Jumat Agung
                    : - Pentakosta
                    : - Dan sebagainya

  Islam        : - Idul Fitri
                    : - Idul Adha
                    : - Tahun Baru hijriyah
                    : - Nuzulul Qur’an
                    : -  Asysyura
                    : - Maulid Nabi Muhammad SAW
                    : - Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
                    : - Dan Sebagainya   


            Demikian sedikit tentang 3 agama samawi, semoga bermanfaat. Aamiin. Mohon maaf jika ada kesalahan.
            Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar